Fungsi Conditional Formatting dalam Microsoft Excel


Assalammualaikum WR. WB
Dalam kesempatan kali ini saya akan share pengalan tentang menggunakan Microsoft exel, semoga bermanfaat. langsung saja mari kita lihat .


Fungsi Conditional Formatting dalam Microsoft Excel berguna untuk memberi warna tertentu berdasarkan nilai dari cell yang kita pilih dengan criteria masing masing. Conditional formatting sangat berguna untuk menyajikan data yang sedang kita inginkan. Untuk mengaktifkan Conditional Formating Pada Microsoft Excel kita Tinggal Mengklik Home, kemudian Klik Conditional Formating seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah itu akan muncul beberapa Criteria dari Conditinal Formating, Berikut  ini saya jelaskan secara sederhana tentang Fungsi beberapa Conditional Formating Pada Microsoft Excel .




















Ada beberapa criteria untuk pewarnaan didalam Conditional Formatting Di Microsoft Excel antara lain adalah seperti pada gambar diatas, untuk lebih jelasnya saya jelaskan penggunaannya sebagai berikut :
1. Highlight Cells Rules
Fungsi ini untuk member warna Tulisan Maupun Cell Yang kita Inginkan pada Conditonal formatting dengan Cara sebagai berikut :























  1. Greater than maksudnya adalah Microsoft Excel akan memberikan highlight berupa warna dengan criteria bahwa nilai dari cell tersebut lebih besar dari yang sudah ditentukan dengan syarat ini.
  2. Less than adalah cell tersebut akan member Highlight pada cell dengan criteri yaitu lebih sedikit dari criteria yang sudah kita tentukan.
  3. Between maksudnya Microsoft Excel akan memberi Highlight dengan criteria antara yang sudah kita tentukan dengan syarat ini, misalnya kita menentukan nilai antara 4 sampai 10 maka akan member highlight dengan nilai antara 4 sampai dengan 10
  4. Equal to maksudnya adalah Microsoft Excel akan member hightlight yang nilainya sama dengan yang sudah kita tentukan, misalnya kita member nilai 10 maka semua cell yang nilainya 10 akan di beri warna
  5. Text that contains adalah digunakan untuk memberi highlight pada cell yang ada nilai dari teks tersebut.
  6. A Date occurring akan member highlight cell yang mempunyai hari terjadi sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan
  7. Duplicate Values akan memberi nilai yang sama .

Dalam hal ini kita membuat Contoh penerapan warna menurut kata yang kita inginkan dalam Conditional Formatting, Sebagai Contoh  Kata C01 di warnai merah secara otomatis,
Perhatikan Gambar Dibawah Ini : 























Sebagai contoh Dalam Colom kita akan memberi Warna Tulisan Sesuai karakter, seperti dibawah

tulisan C01, Yang akan kita gunakan di Conditional Formatting dengan cara seperti ini Klik Conditional Formatting 


klik Highlight Cells Rules -> Klik Text That Contains seperti gambar di bawah ini


 Kemudian ketik “C01”, dan pilih pilihan seperti pada gambar dibawah ini.













Kemudian akan tampil seperti gambar di bawah ini dan pilih warna sesuai yang di inginkan, dalam hal ini warna merah.














Hasilnya akan Nampak seperti pada gambar dibawah ini. Semua C01 akan berwarna Merah seperti gambar dibawah ini ......

cukup tutorial untuk pertemuan kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua ......


0 comments:

Post a Comment

JUDUL MATERI

JENIS JENIS DEFECT PADA PCB

 
Copyright © Jagoan Elektronica